Open top menu
Minggu, 24 November 2013

 Gangguan pencernaan seperti kembung atau sembelit dapat timbul tiba-tiba. Hal ini mungkin disebabkan salah mengonsumsi makananan atau akibat kebiasaan makan yang salah. Untuk mengatasinya tanpa obat kimia sebaiknya lakukan tindakan berikut ini:
1. Kunyah makanan dengan benar
Sebaiknya segera ubah kebiasaan makan yang cepat dan tergesa-gesa supaya produksi air liur dapat maksimal. Dalam proses pencernaan air liur merupakan salah satu bagian yang penting. Mengunyah makanan secara perlahan dan benar dapat meningkatkan kemampuan untuk mencerna.
2. Cukup asupan air
Sembelit disebabkan oleh asupan air yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Bila sistem pencernaan mulai lambat sebaiknya segeralah minum untuk membantu tubuh meningkatkan asupan air. Menurut rekomendasi para ahli, 8 gelas air per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh orang dewasa.
3. Konsumsi serat
Asupan serat mampu membantu mengatasi sembelit dan memperlancar proses pencernaan. Konsumsi sayur, buah, roti tinggi serat, biji-bijian, dan buah kering mampu membantu melancarkan pencernaan Anda.


Sumber: okezone.com
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar